Alas Kethu

Posted: 28/01/2009 in Keluarga
Alas kethu

Alas kethu

Menerawang kembali alas kethu yang merupakan kenangan yang tidak terlupakan bersama Doi..wikikik..walupun tempatnya agak gersang, tapi bagiku tetap rindang dan mampu menghadirkan kesejukkan yang sangat mendalam….semoga selalu begitu…..
tp berita selanjutnya

Wonogiri – Bupati Begug Poernomosidi mempersoalkan penolakan Menteri Kehutanan (Menhut), MS Kaban, mengenai pengalihfungsian Alas Kethu menjadi kawasan Industri.
Begug juga siap ditantang mendatangkan tim geologi untuk mengecek kebenaran fungsi Alas Kethu selama ini. ”Tahu dari mana Pak Menhut itu bahwa Alas Kethu adalah kawasan resapan air? Siapa yang memberi masukan kepada dia? Kalau perlu datangkan tim geologi yang tahu persis bagaimana posisi dan fungsi Alas Kethu saat ini,” ujar Begug saat dicegat sejumlah wartawan di sela-sela acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Wonogiri, Selasa (8/7).
Dalam kesempatan itu, Begug mengaku tak gentar dengan penolakan Menhut soal alih fungsi Alas Kethu menjadi kawasan Industri. Dengan tegas, Begug akan terus melanjutkan upayanya untuk mengegolkan Alas Kethu menjadi kawasan industri. ”Rencana jalan terus! Kita lihat saja nanti, siapa yang menemukan kebenarannya,” ujarnya.
Lokasi lain
Meski demikian, Begug menolak jika langkah yang diambilnya itu merupakan sikap emosi dan terlalu memaksakan kehendak. Dia mengungkapkan, pihaknya akan tetap menempuh jalur hukum yang sesuai prosedur. ”Kami itu juga cinta lingkungan. Kami tak akan merusak lingkungan. Alas Kethu itu bukan hutan lindung, namun hutan produksi. Dan Wonogiri siap mengganti Alas Kethu dengan lokasi lainnya dengan perbandingan berlipat dua atau bahkan empat kali lebih luas,” paparnya.
Ditanya bagaimana jika Menhut bersikukuh tak mengizinkan Alas Kethu menjadi kawasan industri, Begug enggan berkomentar. Saat ini, katanya, dirinya tengah berkonsentrasi dulu mengegolkan perizinan pemakaian Alas Kethu. ”Jangan tanya dulu soal investor bakal lari atau Wonogiri akan menentukan lokasi lain. Saat ini, selesaikan dulu Alas Kethu,” tegasnya.
Terpisah, Gubernur Jateng, Ali Mufiz mengaku mendukung penuh rencana Begug untuk membuka kawasan industri di Wonogiri. Pihaknya, bahkan siap men-backup upaya Begug untuk memfasilitasi terwujudnya kawasan industri di Wonogiri. Dengan memekikkan kalimat, hidup Begug, Mufiz mengatakan, ”Kalau perlu, seribu persen kami mendukung penuh. Kalau soal lokasi, itu menjadi tanggung jawab Bupati 100 persen,” paparnya.
Meski demikian, Mufiz menolak Selogiri sebagai alternatif lokasi dengan alasan daerah tersebut merupakan kawasan lumbung padi. Namun, dia menyetujui dua lokasi alternatif lainnya, Jatisrono dan Slogohimo.
”Kalau usulan saya sih, cari saja di lokasi lainnya jika memang tak diizinkan. Karena, informasi yang kami dengar, Perhutani memang tak mengizinkan pengalihfungsian Alas Kethu,” paparnya. – Aries Susanto [solopos.net]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s