Tutorial Setup WordPress

Posted: 24/01/2009 in Wordpress
Tag:

http://www.thinkrooms.com/2007/11/20/perfect-setup-wordpress-tutorial/
Sudah punya blog berbasis wordpress? Atau berencana membuat blog berbasis wordpress. Saya akan membantu bagaimana mengsetup wordpress agar memperoleh hasil lebih maksimal. Disini saya buka membahas step-by-step tutorial tapi lebih membahas apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh blog yang lebih maksimal. Tutorial ini digunakan pada wordpress yang di setup di webserver selain di website http://wordpress.com.

Beberapa langkah tidak dapat dilakukan karena free blog wordpress di wordpress.com membatasi beberapa feature. Berikut langkah-langkah yan harus dilakukan dari awal:
1. Install wordpress terbaru. Pastikan selalu wordpress yang anda gunakan adalah yang terbaru, hal ini untuk menghindari masalah keamanan dan memperoleh feature yang lebih baik. Pada web hosting mereka menyediakan script automatis untuk installasi WordPress. Periksa terlebih dahulu di website wordpress apakah versi wordpress pada script automatis akan menginstall versi terbaru.
2. Pilih themes yang sesuai dengan konsep blog anda. Ada ratusan themes yang bebas di download dan digunakan. Beberapa mengharuskan anda mencantumkan link ke website designer. Anda bisa memilih themes yang ingin digunakan di http://themes.wordpress.net atau bisa cari di google dengan keywords “wordpress free theme”. Anda tinggal download themes yang diinginkan, upload ke server blog anda dan kemudian aktifkan pada menu presentation di http://domain-blog-anda/wp-admin/ . Anda juga bisa membuat theme anda sendiri namun diperlukan pemahaman php dan cara membuat theme WordPress.
3. Cari plugin yang anda inginkan untuk menambah feature dari blog anda. Saya menyarankan beberapa plugin dibawah ini:
* All in one SEO pack – plugin ini mengoptimalkan blog anda terhadap search engine. Anda bisa membuat keyword secara otomatis per post, definisi keyword per halaman, penggunaan title otomatis, dan feature SEO lainnya.
* WP-Cache – mempercepat loading wordpress dengan mengyimpan sementara tampilan dari halaman-halaman yang dibuka. Sehingga halaman tersebut dapat langsung ditampilkan bila dibuka lagi tanpa harus diproses lagi dari awal. Sangat berguna meringankan kerja server untuk blog yang sibuk.
* Popularity contest – statistik plugin untuk memberi nilai tiap halaman blog anda berdasarkan cara akses, feedback, comment, dan kriteria lainnya. Plugin ini akan mengurutkan populeritas tiap halaman berdasarkan nilainya. Berguna bila anda ingin mengetahui halaman atau posting mana yang disukai pengunjung.
* Statpress – plugin untuk mengetahui statistik pengunjung blog anda. Anda akan disajikan tabel statistik disertai chart sederhana untuk memberikan gambaran statistik kunjungan atau akses ke blog anda.

Plugin-plugin diatas bisa anda dapatkan di http://wordpress.org/extend/plugins/ Anda bisa mendownloadnya kemudian upload ke server blog anda. Agar bisa digunakan anda harus mengaktifkannya pada menu plugin di http://domain-blog-anda/wp-admin/ .
4. Buat halaman-halaman selain posting anda seperti halaman “about me”, “contact”, atau halaman lainnya yang memuat informasi spesifik.
5. Setting wordpress dan plugin anda. Settingan wordpress dan plugin dapat anda temukan di menu options pada http://domain-blog-anda/wp-admin/. Beberapa plugin harus di enable dulu di menu option agar dapat berfungsi contohnya seperti plugin WP-Cache.
6. Setting sidebar widget yang ingin ditampilkan pada sidebar blog anda.Bisa di setting di menu presentation->widgets pada wp-admin.
7. Mulailah menulis isi blog anda, kategorikan tulisan anda agar lebih mudah di akses. Blog yang baik adalah content yang baik. Sebaiknya anda menulis lebih banyak tentang informasi atau ilmu pengetahuan yang dibutuhkan umum dibandingkan anda menulis tentang kehidupan sehari-hari. Kecuali konsep blog anda memang ditujukan untuk catatan kehidupan anda. Bisa saja catatan kehidupan anda memberi inspirasi terhadap orang lain.

Demikian langkah-langkah untuk memulai blog anda menurut pandangan saya. Bila ada yang kurang mungkin bisa ditambahkan. Semoga sukses menjadi blogger.

Komentar
  1. m4rx mengatakan:

    Akan saya tes

  2. m4rx mengatakan:

    thanks atas info@
    Ne blog baru gw

    http://www.m4rx-only.co.cc

  3. tom[x] mengatakan:

    yupz tQ bos, trus misal kita mau pasang menu agar para pengunjung bisa upload photonya di blog ku gimana? mksh sbelumna

  4. BISA COM mengatakan:

    pada dasbor punyakuu ko’ nggak ada menu pluginnya….
    gman cara nya menambah menu pluginnya

  5. Adik mengatakan:

    Perhatian perhatian…he3x…untuk wordpress gratisan, itu hostingnya di wordpress.com, kita hanya numpang saja. jadi memang dibatasi. Untuk dapat menambah pluggin, anda harus memiliki domain sendiri dan hosting sekalian…jangan sedih ya…ini kan proses pembelajaran. Blog inipun termasuk wordpress gratisan saya juga tidak menemukan menu pluginnya…kalo yang ada menu plugin nya, ya Blog satu lagi punya saya yang ini http://wp.ruslan.web.id …oce dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s