Obama Minta Arab Dukung Penghentian Penyeludupan Senjata ke Gaza

Posted: 24/01/2009 in Politik
Tag:

obamaLaurencius Simanjuntak – detikNews
Jakarta – Setelah resmi mengecam Hamas atas peluncuran roket-roketnya ke Israel, Presiden AS Barack Obama mendekati Pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah. Obama meminta Raja Abdullah mendukung dihentikannya penyeludupan senjata ke Gaza dan menegaskan pentingnya hubungan AS-Arab Saudi.
Dalam pembicaraan teleponnya dengan Raja Abdullah, Obama menggarisbawahi ‘pentingnya hubungan kuat AS-Arab Saudi.’ Dia juga menunjukkan penghargaannya atas dukungan Abdullah terhadap dialog antaragama dan prakarsa perdamaian.

“Obama meminta dukungan Arab Saudi dalam upaya menghentikan penyelundupan senjata ke Gaza. Dia juga mengungkapkan ketertarikannya melanjutkan kerja sama dalam rangka melawan terorisme,” demikian isi pernyataan dari Gedung Putih seperti dikutip Reuters, Jumat (23/1/2009).

Pernyataan Obama itu hampir bersamaan dengan diterbitkannya sebuah tulisan mantan Kepala Intelejen Pangeran Turki al-Faisal yang pernah menjabat sebagai Dubes Arab di AS.

Dikatakan Turki dalam tulisan itu, sikap AS dalam konflik Gaza menimbulkan risiko dalam hubungan bilateralnya dengan Arab. Turki juga menuding Bush telah meninggalkan ‘warisan memuakkan’ di Timur Tengah.

“Jika AS ingin melanjutkan peranan kepemimpinan di Timur Tengah dan menjaga aliansi strategisnya tetap utuh, khususnya hubungan khususnya denga Arab Saudi, AS harus merevisi drastis kebijakannya dalam konflik Israel-Palestina,” ujar Turki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s