Audit Forensik untuk Ungkap Korupsi

Posted: 07/02/2009 in Kantor
Tag:

Yogyakarta, Kompas – Untuk meningkatkan efektivitas pengungkapan kasus korupsi, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan instrumen audit forensik. Audit forensik menerapkan teknik-teknik audit khusus untuk menemukan bukti finansial yang mendukung pembuktian ada tidaknya tindakan kejahatan.

“Banyak kasus korupsi yang diputus bersalah di tingkat pengadilan negeri atau pengadilan tinggi tiba-tiba bebas di tingkat kasasi Mahkamah Agung dengan berbagai alasan,” ujar R Novia Intan Charda dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang juga ketua panitia seminar “Efektifitas Audit Forensik sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi dan Kecurangan” pada Rabu (23/5).
Penanganan kasus-kasus korupsi selama ini dinilai kurang efektif dan kurang memberikan efek jera, walaupun sejumlah koruptor bisa ditangkap. Pemerintah juga dinilai tebang pilih dalam penanganan kasus korupsi.
Ia mengungkapkan, salah satu upaya efektif dalam penanganan kasus korupsi adalah dengan menggunakan instrumen audit forensik. Audit forensik dapat diartikan penggunaan ilmu akuntansi untuk kepentingan hukum. Hasil audit forensik tersebut akan dapat bertahan menjadi barang bukti selama proses pengadilan. Auditor BPK
Untuk menyosialisasikan serta memberikan pemahaman baru kepada mahasiswa tentang audit forensik, Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi UMY akan menggelar seminar bertema “Efektivitas Audit Forensik sebagai Upaya Pemberantasan Korupsi dan Kecurangan”, Sabtu (26/5), dengan pembicara Suryo Pratolo (dosen akuntansi FE UMY) dan Khairyansyah Salman, praktisi dan auditor ahli Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang pada tahun 2005 mengungkap kasus korupsi dalam tubuh Komisi Pemilihan Umum.
“Selain sebagai sarana sosialisasi upaya audit forensik dalam mengungkap kasus korupsi, seminar ini juga berusaha untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa supaya lebih peka terhadap isu-isu dalam ruang lingkup akuntansi,” ujar Novia. (RWN)

About these ads
Komentar
  1. masagaktauaku mengatakan:

    kalo jadiin audit forensik sebagai kajian skripsi susah gak yahhh???

  2. avelius mengatakan:

    haduh tolong dunk di kasi jurnal lebih banyak tentang audit forensik, baru bikin skripsi tentang audit forensik nie….
    dari data yang udah saya dapat 0% skripsi belum ada tentang audit forensik!!!!
    be the 1st lah…need help

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s